Ajax Amsterdam membuat kejutan besar di ajang Liga Champions kali ini. Presiden Juventus Andrea Agnelli merasa bila raksasa Belanda tersebut memiliki kesempatan menjadi kampiun.

Agnelli berani berkomentar seperti itu setelah menyaksikan sendiri timnya disingkirkan oeh Ajax. Pada babak 8 besar UCL, Frenkie De Jong dan kolega lolos ke semifinal berkat kemenangan agregat 3-2.

Pria berusia 43 tahun itu merujuk pada performa Ajax untuk mempertegas klaimnya. Mereka belum terkalahkan sejak fase grup.

Tim besutan Erik ten Hag kemudian mendepak jawara Liga Champions tiga kali beruntun, Real Madrid, di babak 16 besar Liga Champions. “Musim ini Ajax menyingkirkan Real Madrid, Bayern Munchen, dan Juventus. Klub yang berada di peringkat satu, tiga, dan lima pada posisi Eropa,” ungkap Agnelli.

“Mereka punya banyak sekali talenta berbakat dan punya potensi mengembalikan kejayaan di masa lalu. Anda harus ingat, memakai kostum Ajax merupakan kehormatan besar. Mereka punya sejarah panjang,” sambungnya.

Ajax sendiri memegang status tim tersukses Eropa. Total mereka telah mengantongi empat trofir Liga Champions, hanya kalah dari Barcelona (5), Liverpool (5), Bayern Munchen (5), AC Milan (7), dan Real Madrid (13).

Akan tetapi kiprah mereka menurun sejak terakhir mejuarainya tahun 1995 silam. Alasannya pemain bintang yang mereka punya selalu dibajak klub top lain.

Barulah selama beberapa musim belakangan De Amsterdammer memperlihatkan kebangkitan. Mereka berhasil mencapai final Liga Europa 2016/2017. “Pujian untuk Edwin van der Sar dan Marc Overmars yang membangun tim dan membantu mereka berkembang,” puji Agnelli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *